Saturday, 11 February 2012

Torrent Download

Torrent merupakan salah satu teknologi sharing file Peer to Peer, dimana seluruh user terkoneksi untuk mengirim dan menerima sebagian file, dengan tracker sebagai pengkoordinasinya. Tracker sama sekali tidak mempunyai file yang dicari, tidak mempunyai data tentang isi file,  karena itu walaupun dengan bandwidth tracker terbataspun, koordinasi dapat tetap jalan. Filosofi dasarnya adalah user harus juga meng-upload data ketika mereka mendownload. Dengan demikian, kita dalam saat yang sama bertindak sebagai server data.

Torrent sendiri adalah file yang kecil, yang hanya sekitar beberapa kilobyte saja dengan ekstensi (.torrent). File ini berisi informasi yang dibutuhkan untuk mendownload file tertentu. Informasi yang terkandung dalam file torrent meliputi nama file, ukurannya, tempat downloadnya dan sebagainya.

Perlu diingat bahwa cara kerja torrent adalah berbagi. Jadi kita perlu tetap membuka koneksi agar orang lain juga dapat mendownload file yang baru saja kita download melalui komputer kita. Lama koneksi ini bisa kita set, misalnya 1 jam setelah itu koneksi akan terputus secara otomatis. 
Berikut istilah-istilah dalam torrent :
1. Seed adalah pengguna, yang telah mendownload file dari torrent dan melakukan sharing.
2. Peer  adalah semua orang yang mendownload file, setelah download selesai, ia menjadi seed (seeder).
3. Leech adalah sama dengan peer, sering digunakan untuk menamai peer dengan UD ratio yang rendah. UD ratio adalah rasio download dan upload. Rasio upload dan download termasuk sedang, bila bernilai 1 (yang anda download sama dengan yang anda upload).
4. Tracker adalah server, yang mengkoordinasikan proses download semua user.
5. Swarm adalah simpulan dari semua seed dan peers (dengan demikian tracker mempunyai swarm untuk semua komputer yang pernah mendownload file torrent darinya). 

Untuk mendownload file torrent anda harus memiliki Torrent Client nya terlebih dahulu, yakni software untuk mendownload file-file torrent tersebut. Contoh nya seperti Torrent Client yang saya gunakan yakni uTorrent, jika anda ingin mendownload nya silahkan download disini (khusus os windows). Torrent Client ini bisa anda dapatkan secara gratis untuk fasilitas umum, dan berbayar dengan fasilitas tambahan seperti (Anti Virus, File Converter, dan Media Player).

Jika anda ingin mendownload file melalui torrent hal pertama yg harus anda lakukan adalah download file dgn ekstensi (.torrent) terlebih dahulu, anda bisa mencari nya di google. Contoh sistus yg menyediakan file (.torrent) seperti isohunt.com, extratorrent.com, dll. Lalu open file menggunakan Torrent Client yg telah anda donwload sebelumnya. Dan proses pertama telah selesai, anda tinggal menunggu file anda selesai di download. Satu hal yg perlu anda perhatikan bahwa ukuran file torrent itu cukup besar, 500mb keatas, jadi saya sarankan untuk tidak mendownload file torrent jika koneksi internet anda berkuota. Tetapi jangan khawatir karena kulitas tiap file nya pun no. 1.

Kelebihan mendownload torrent adalah anda bisa mendownload sesuka hati anda tanpa perlu khawatir akan terjadi crash pada server yg mengharuskan kita mengulang download dari awal. Karena memang servernya adalah kita sendiri, jadi anda bisa mempause download-an anda sesuka hati. 

Lalu hal lainnya yang harus anda perhatikan adalah SEED. Karena beberapa file akan tergantung pada hal tersebut, tetapi tidak semua. Semakin banyak seed pada torrent tersebut, maka semakin cepat dan stabil download dari file tersebut. Jika semakin sedikit atau bahkan tidak ada seed nya maka anda perlu berhati2 karena itu berarti file tersebut tidak pernah selesai di download. 

Mendownload file torrent lebih memudahkan kita untuk mendownload file berekstensi besar seperti film, atau kumpulan lagu2 tanpa harus khawatir akan terjadi crash.
Selamat Mencoba ;)

No comments:

Post a Comment

Give your comment