Monday, 26 December 2011

Web Browser Tercepat

Night blogger, waduh telat banget yah saya baru posting jam segini. Ya saya cukup sibuk dari tadi, dari jam set 8 saya membaca komik one piece online yang saya cukup lama tinggalkan akibat kesibukan saya sebagai pelajar, dan alhasil saya baru selesai membaca nya barusan wehehe.

Saya ingin mengucapkan juga Selamat Natal bagi yang merayakan, anda welcome 2012!!! ^_^
Berhubung suasana liburan nih, saya ingin share lagi sedikit ya mengenai Web Browser karena tau sendiri lah kalo udah waktunya libur pasti lupa waktu haha, apalagi libur panjang menyambut tahun baru seperti ini rasanya saya sudah tidak sabar menunggu detik-detik menuju tahun 2012.

Berbicara mengenai Web Browser, mungkin ada sebagian yang masih bertanya-tanya "Apasih web browser?". Oke saya jelaskan sedikit, web browser adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk terhubung ke internet, contoh Firefox, Google Chrome, Safari, dll. Saya ingin curhat sedikit, sebenarnya saya cukup stress dengan web browser saya yang sebelumnya yakni Firefox. Mengapa? Sering kali saya mengalami "stuck connection" atau yang sering kita alami dengan tidak munculnya situs yang akan kita buka atau seolah-olah tidak ada koneksi ke internet. Sering anda mengalami hal serupa? Ya mungkin sebagian diakibatkan oleh lemotnya koneksi internet anda, tapi tahukah anda bahwa setiap web browser itu memiliki keunggulan masing-masing? Yah saya rasa firefox yang saya punya adalah satu-satunya penyebab dimana saya mengalami "stuck connection".

Web browser tercepat saat ini adalah Safari, web browser produk dari Apple. Bayangkan saja, JavaScript pada Safari mampu 30x lebih cepat dibanding Firefox, dan performa HTML nya 3x lebih cepat dari Internet Explorer dan Firefox. Apple telah melakukan pengujian pada Safari 4 dengan menggunakan SunSpider dan hasilnya Safari 4 hanya menghabiskan waktu 657 milidetik jauh lebih cepat dari Safari 4 yang menghabiskan waktu 2970 milidetik!!! Firefox 3 menghabiskan waktu 2399 milidetik, dan Firefox 3.1 (versi beta) menghabiskan waktu 1034 milidetik. Sementara itu Internet Explorer menunjukan performa paling buruk, ia menghabiskan waktu sebesar 19902 milidetik, dan Internet Explorer 8 dengan waktu 4137 milidetik.Satu-satunya yang mampu mengejar Safari 4 Beta adalah Chrome 1.0. Browser yang dikembangkan ini, meski masih lebih lambat dari Safari 4 tetapi menunjukkan hasil yang tidak terlalu jauh jaraknya, 853 milidetik.

Saya tidak mengada-ngada info tersebut buktinya setelah saya meninggalkan Firefox beberapa jam lalu, dan mulai menggunakan Google Chrome "surfer" saya menjadi jauh lebih baik, saya lebih mudah membuka situs-situs dan acara membaca komik online saya menjadi lebih lancar dan cepat haha. Saya tidak ingin melebih-lebihkan tetapi memang Firefox telah lebih dulu populer dikalangan masyarakat Indonesia tetapi performanya sangat jauh dibawah Safari atau Google Chrome jadi saya sarankan agar anda tidak stress akibat lamanya membuka situs untuk menggunakan Safari atau Google Chrome seperti yang saya lakukan sekarang.

Untuk mendownload safari silahkan disini
Untuk mendownload Google Chrome silahkan disini

Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Give your comment