Saturday, 10 December 2011

Cara Merawat Rambut

Hello everyone ^_^ long time no post from me, i'm quite busy right now. But finally saya bisa meluangkan waktu juga untuk berbagi info bersama kalian lagi, karena pada post kali ini saya ingin berbagi tips bershampo yang benar, cara memilih shampo, dan kegunaan shampo itu sendiri.

SHAMPO
Shampo adalah sejenis kosmetik yang sekarang sudah lumrah digunakan baik kaum pria maupun wanita. Shampo terdiri dari bahan - bahan campuran, bahan kimia ataupun alami terkandung didalamnya. Kegunaan shampo itu sendiri pada dasarnya untuk MEMBERSIHKAN rambut dari kotoran yang menempel padanya. Tapi lama kelamaan zaman semakin berubah dan kini sudah ada bermacam - macam jenis shampo yang disesuaikan dengan jenis rambut kita.
Rambut kita sendiri umumnya ada 3 jenis, yakni normal, kering, dan berminyak. Yang membedakan jenis satu dengan yang lain adalah kadar minyak nya. Untuk jenis rambut normal memiliki kadar minyak yang normal, contohnya rambut saya. Untuk pemilik rambut normal umumnya kita berkeramas 1 - 2 hari sekali, saya contohnya mencuci rambut saya 2 hari sekali. Rambut berminyak paling tidak sehari sekali untuk dicuci atau bahkan lebih. Sedangkan rambut kering memiliki kadar minyak yang rendah atau bahkan sangat rendah. Rambut kering dicuci bisa 3 hari sekali atau lebih tergantung kekusaman atau banyaknya kotoran yang menempel pada rambut.

NORMAL HAIR
Pemilik rambut normal bisa mencuci rambutnya 1 - 2 hari sehari menggunakan shampo apapun, tetapi jika menggunakan shampo yang khusus rambut normal biasanya kita benar - benar harus mencuci rambut sehari sekali. Untuk rambut normal kita tidak terlalu membutuhkan conditioner, karena pada dasarnya tugas conditioner adalah untuk melembabkan rambut sedangkan rambut normal memiliki kadar minyak yang seimbang sehingga sudah lembab oleh minyak tersebut. Tetapi jika menggunakannya pun tak masalah, asal ingat! untuk rambut normal atau berminyak aplikasikan conditioner pada tengah sampai ujung rambut saja, jangan dari akar! Jika ini di aplikasikan dari akar maka itu akan membuat minyak cepat sampai pada ujung rambut dan membuat produksi minyak menjadi berlebih dan ini akan membuap rambut kita lepek. Shampo untuk khusus rambut normal  memiliki ph normal yakni 7, contohnya shampo bayi. Shampo lain yang khusus rambut normal adalah dove. Tetapi itu tak jadi masalah, untuk rambut normal semua shampo bisa digunakan hanya saja waktu pemakaian akan berbeda karena perbedaan ph yang ada, saya biasa mencuci rambut saya 1 hari sekali saat menggunakan dove atau shampo bayi, tetapi ketika saya beralih ke pentene, dan sunsilk (sekarang) saya mencuci rambut saya 2 hari sekali. Tapi itu tak jadi masalah, rambut saya tetap sehat bahkan ketika saya pergi ke barber shop para hair styler selalu berkata ingin memiliki rambut seperti saya, sehat, bervolume, berkilau, pokoknya kaya di iklan - iklan gitu deh. hehe

OILY HAIR
Rambut berminyak memiliki kadar minyak yang tinggi atau bahkan sangat tinggi sehingga membuat kita harus rajin - rajin keramas karena lepeknya rambut kita. Tahukah anda rambut berketombe? Rambut ini adalah salah satu contoh dari rambut berminyak, karena saking banyaknya minyak yang keluar sehingga menimbulkan kerak dan membuat rambut kita menjadi sangat sensitif terhadap kotoran dari luar, membuat kotoran dari luar akan sangat mudah menempel pada rambut dan menimbulakn ketombe tersebut. Tetapi ada juga sebagian yang tidak sampai menimbulkan ketombe, tetapi tetap lepek menjadi masalah bagi pemilik rambut ini.Tips dari saya untuk pemilik rambut ini adalah gunakan shampo khusus rambut berminyak karena shampo khusus rambut berminyak, contohnya shampo pentene yang saya gunakan sebelumnya (pentene nature care). Atau jika anda sulit menemukan shampo khusus rambut berminyak, gunakan shampo anti ketombe saja karena kandungan ph nya tidak terlalu jauh, hanya saja  membuat jadual keramas anda menjadi melonggar.

DRY HAIR
Rambut kering sangat berbeda dengan 2 jenis rambut sebelumnya, karena rambut kering memiliki kadar minyak yang sedikit atau bahkan sangat sedikit dan membuat rambut kita kering, kusam, dan berantakan atau sulit diatur karena memang volumenya yang sangat sedikit dan ringa. Jika rambut berminyak memiliki volume yang kecil dikarenakan banyaknya minyak pada rambut, rambut kering memiliki volume yang kecil dikarenakan keringnya rambut. Banyak sekali shampo yang disuguhkan untuk jenis rambut ini, diantaranya shampo anti frizz, shampo untuk melembutkan rambut, dsb, tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Contohnya shampo yang saya gunakan sekarang yakni sunsilk stright and sleek. Shampo ini adalah shampo anti frizz (anti kusut) hanya namanya saja yang berubah.
Rambut kering bisa sangat kering sehingga membuat anda WAJIB menggunakan conditioner karena conditioner berfungsi sebagai pengganti minyak yang anda keluarkan. Conditioner memiliki sifat lembab yang membuat rambut lebih bervolume dengan menyimpan air dalam rambut, sehingga setelah anda menggunakan contioner setelah beberapa jam meski hanya dengan air rambut anda akan kembali lembut. Untuk rambut jenis ini gunakan conditioner pada pangkal hingga ujung rambut untuk membuat rambut lembab secara keseluruhan dan membantu meninggkatkan kadar minyak. Bagi pemilik rambut ini, cucilah rambut saat kandungan conditioner sudah tidak terasa atau rambut tetap kering meski telah dibasahi air.

HEALTHY HAIR
Rambut yang sehat adalah rambut yang bervolume, berkilau, tidak rontok, tanpa ketombe, tidak lepek, dan tidak kering. Ciri utamanya adalah bervolume, cara anda mengetahui rambut anda sudah bervolume atau tidak adalah dengan memasukannya kedalam air. Jika rambut tenggelam maka rambut tersebut bervolume, jika tidak maka rambut anda masih belum sehat.
Cara menyehatkan rambut adalah dengan menggunakan shampo yang tepat, jangan menggaruk - garuk rambut dan kulit kepala anda dengan kuku ketika bershampo karena akan membuat kulit kepala rusak sehinggan mengganggu produksi minyak kulit kepala anda, bersihkan dengan jari - jari anda dan PIJAT bukan diGARUK, karena ketika dipijat maka aliran darah dikepala akan lancar dan meregenerasi rambut anda, membuatnya cepat tumbuh, dan lebat. Jadualkan keramas anda dengan baik, contoh saya cuci rambut saya 2 hari sekali, cuci rambut anda ketika sudah lepek, kotor, atau berbau (normal & berminyak), atau untuk rambut kering cuci rambut ketika sudah kotor, dan sudah tidak bisa lembab meski sudah diberi air. Creambath lah min 1 bulan sekali untuk meregenerasi rambut anda, karena creambath bisa menutrisi kembali rambut anda dan melindunginya dari radiasi, tetapi jangan terlalu sering karena terlalu banyak protein dalam rambut bisa membuat rambut tua (beruban) cukup 1 minggu sekali.

Ingat bershampolah ketika perlu, ketika rambut anda sudah tidak terasa nyaman lagi, karena terlalu sering bershampo pun membuat rambut kehilangan minyaknya dan membuat rambut menjadi rusak. Itulah tips secara umum dari saya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan comment dibawah. Selamat sore :)

3 comments:

  1. Kalo rambut kering berketombe itu pakai sampo apa ya mas ?
    Dove atau Pantene ?

    ReplyDelete
  2. Kalo rambut kering berketombe itu pakai sampo apa ya mas ?
    Dove atau Pantene ?

    ReplyDelete

Give your comment