Friday, 19 August 2011

Menghitung Nilai Rata-Rata

Kali ini saya akan memposting mengenai sebuah program yang saya buat dalam pemrograman java. Program ini bisa anda gunakan untuk menghitung nilai rata-rata, untuk selebihnya jika anda ingin menggunakan program ini anda dapat menyesuaikan penghitungannya sendiri sesuai keinginan anda.

Program ini saya beri nama file dengan nama Nilai, dan program ini saya buat dalam 2 class. Untuk memberi gambaran mengenai program ini silahkan lihat picture dibawah ini.

Picture diatas merupakan picture dari Nilai.java. Dalam program ini saya memasukan 4 data nilai, yakni nilai UAS, nilai UTS, nilai Tugas, dan nilai Absensi. Dalam perhitungan hasil untuk menentukan nilai rata-rata saya mengambil 45% dari nilai UAS, 25% dari nilai UTS, 20% dari nilai Tugas, dan 10% dari nilai Absensi. Nilai.java ini hanya merupakan coding input, sedangkan coding untuk output nya ada di NilaiMain.java. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat picture dibawah ini.




Coding diatas digunakan untuk memunculkan coding input yang sebelumnya.
Jika kita membuat program dalam 2 class, maka file class yang harus dipanggil adalah Main Class atau class utama (Class dengan coding output seperti diatas).

Bagi anda yang ingin mendownload program ini, silahkan download disini. File nya sangat kecil, karena program ini masih merupakan program yang sederhana sehingga masih mudah untuk anda pahami.

No comments:

Post a Comment

Give your comment