Wednesday, 27 July 2011

Vocal Register

Vokal register adalah beberapa macam suara yang dihasilkan manusia berdasarkan frekuensi yang dihasilkannya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Perhatikan gambar diatas!
Pada kali ini saya tidak akan membahas mengenai jenis suara pria dan wanita, tetapi akan menjelaskan arti warna pada gambar tersebut.

1. Merah (First Register)
First Register manusia dapat disebut juga Vocal Fry Register, atau deretan nada terendah yang mampu dicapai manusia. Pada register oktaf yang mampu dicapai adalah oktaf 1 dan 2.
2. Kuning (Seccond Register)
Seccond Register atau Modal Voice Register atau Low Register, merupakan nada umum yang biasa digunakan manusia untuk bernyanyi. Oktaf dalam register ini adalah sekitar oktaf 2 dan 3.
3. Biru (Third Register)
Pada register ini orang lebih mengenalnya dengan head voice atau falseto (Falsetto Register). Oktaf pada register ini sekitar oktaf 4 dan 5. Beberapa orang masih mampu bernyanyi pada oktaf  ini dengan kemampuan belting nya bukan falseto, sehingga disebut Head Voice.
4. Ungu (Forth Register)
Ini merupakan voice register tertinggi yang dimiliki manusia dan hanya sedikit orang yang mampu melakukannya. Forth Register atau Wishtle Register berada pada sekitar oktaf 6 keatas.

Belting Battle
Belting Battle merupakan suara dasar manusia, mulai dari nada terendah sampai tertinggi yang mampu dicapai tanpa falseto atau whishtle register. Belting battle juga berarti bernyanyi sekerang mungkin atau bahkan berteriak untuk mencapai nada tertinggi. Saat ini Belting Battle tertinggi masih dipegang oleh penyany dengan oktaf tertinggi di dunia, Georgia Brown. Georgia mampu bernyanyi belting sampai 5 oktaf(G2-G7)!? Bahkan Mariah Carey saja pada oktaf ke 7 sudah menggunakan whishtle registernya.
Pada umunya penyanyi-penyanyi besar seperti Mariah Carey, Christina Aguilera, Beyonce, Jennifer Hudson, dll, mampu bernyanyi dengan Belting Battle nya sampai pada oktaf ke 5, kecuali Jennifer Hudson. Jennifer mampu bernyanyi dengan Belting Battle nya sampai nada C6 di oktaf ke 6.

No comments:

Post a Comment

Give your comment