Wednesday, 27 July 2011

Vocal Range

Hii guys, pada posting pertama ini saya ingin berbagi ilmu mengenai musik. So read it!

Vocal range adalah seberapa oktaf lebarnya suara kita dapat bernyanyi. Octave atau oktaf adalah interval nada yang terdiri dari 7 nada (C - C). Suatu oktaf dapat dikatakan satu oktaf jika nada yang ada memenuhi 7 nada. Interval ini menjadi ukuran seseorang untuk mengatahui seberapa lebarnya nada yang dapat ia capai ketika bernyanyi. Sebagai contoh kita lihat penyanyi asal Negeri Paman Sam, Mariah Carey. Penyanyi keturunan amerika-afrika itu mampunya menyanyi dengan 5 oktaf!! Selebar itukah octave range yang ia miliki? Mariah Carey mampu bernyanyi dari nada G#2 - G#7 (termasuk wishtle register). Hebat bukan?!

Pada hakikatnya vocal range seseorang tidak dapat diubah (sudah bakat lahir), akan tetapi masih banyak orang yang tidak dapat memkasimalkan kemampuan bernyanyinya. Intinya vocal range dapat dimaksimalkan dengan berlatih, tentu saja harus di tempat sepi atau kedap suara, karena tidak saja untuk menahan rasa malu kita juga harus berteriak sekencang meungkin untuk mendapatkan nada tertinggi yang mampu kita capai.

Wishtle Register
Wishtle register merupakan kemampuan bernyanyi seseorang dengan nada paling tinggi bahkan lebih tinggi dari falseto. Falseto sendiri merupakan suara dengan frekuensi yang tinggi. Terbayangkah seberapa tingginya frekuensi whishtle jika ini lebih tinggi dari falseto? Maka tidak sedikit orang yang tidak bisa melakukan falseto, apalagi whostle register. Tercatat hanya beberapa penyanyi di dunia yang mampu melakukannya, diantaranya Georgia Brown (G2-G10, 8 oktaf), Adam Lopez (Eb2 - Eb8, 6 oktaf), Mariah Carey (G#2-G#7, 5 oktaf), dll.

1 comment:

  1. Whistle register gw mudah ditembak di nada Eb6-G#6 ,, pas A6-C7 agak2 ngotot hahaha
    Sebaliknya kalau dibawah Eb6 terdengar lirih :D

    ReplyDelete

Give your comment