Sunday, 31 July 2011

How To Know Your Vocal Range

Pada posting yang ke-3 ini saya akan kembali membahas mengenai music kembali. Kali ini saya akan membahas tentang cara mengetahui vocal range yang kita miliki.Sebelumnya mari kita lihat video berikut ini.

video
untuk video lengkapnya silahkan lihat disini.
Pria pada video tersebut adalah seorang penyanyi yang berasal dari Australia bernama Adam Lopez. Sebelumnya dia adalah pemegang rekor dunia sebagai penyanyi dengan oktaf tertinggi di dunia sebelum rekornya dipecahkan kembali oleh Georgia Brown.

Mungkin anda sudah mengetahui mengenai note yang ada pada tangga diatonis, dimulai dari C (do) sampai B (si). Ketika kita mampu mengeluar kan nada-nada tersebut (C-B) maka anda berarti mampu bernyanyi dalam 1 oktaf, jika masih bisa anda dapat mencoba mengeluarkan note yang lebih tinggi dimulai dari note C kambali.

Pada video tersebut, Adam Lopez merupakan seorang penyanyi yang sudah terbiasa dengan note-note yang ada sehingga ia mampu untuk mendemostrasikan range vocalnya dengan mudah, lalu bagaimana dengan kita yang bisa dikatakan orang awam? Tentu saja saya punya caranya.

Pertama anda harus memiliki minat terhadap musik terlebih dahulu, jika tidak demikian maka akan sulit sekali menentukan note-note yang mampu anda capai. Jika itu bukan masalah, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengeluarkan note terendah yang mampu anda capai (serendah mungkin). Contoh: Note terendah saya adalah E2. Jika anda mengalami kesulitan dalam menentukannya, anda dapat dibantu dengan menggunakan keyboard dengan mencocokan note nya, jika anda tidak memiliki alat musik apapun dirumah silahkan download Kerboard Virtual disni untuk membantu anda dalam menentukan note terendah anda.

Jika sudah, silahkan bunyikan kembali note terendah anda (misalkan E) tetapi dalam oktaf yang lebih tinggi. Jika anda sudah terbiasa dengan musik maka tidaklah sulit melakukan hal ini. Lakukan langkah ini beberapa kali sampai pada batas maksimal suara anda. Lalu silahkan hitung berapa oktaf yang mampu anda capai. Anda dapat menggunakan teknik falseto atau Whistle (jika mampu) karena teknik tersebut berada pada oktaf yang lebih tinggi dari suara normal.

Jika sudah diketahui, maka itulah lebar vocal range anda. Mudahkan? Itu merupakan cara yang dilakukan Adam Lopez pada video diatas. Lalu bagaimana kita menentukan susunan oktaf nya? Apakah note E yang saya capai merupakan E2 atau E3, atau bahkan lebih rendah E1? Jawabannya sederhana, yaitu frekuensi. Frekuensi merupakan penentu utama dari susunan oktaf yang ada, karena semakin rendah suara kita maka frekuensinya pun semakin rendah, dan sebaliknya semakin tinggi suara kita maka frekuensinya pun semakin tinggi. Ingat yang menentukan susunan oktaf bukanlah POWER dari suara kita, melainkan FREKUENSI.

Lalu bagaimana kita mengetahui frekuensi dari note yang mampu kita capai, jawabannya adalah PAS SPECTRUM ANALYZER atau analive.Software ini mampu mendeteksi frekuensi suara apa saja secara langsung termasuk suara kita. Jika anda belum memilikinya silahkan download disini. Tetapi tentu saja karena gratis software ini hanya bisa dibuka dalam 6 menit saja, tetapi tak apa itu sudah lebih dari cukup untuk menentukan frekuensi suara kita. Setelah diinstal jalankan software tersebut, kemudian keluarkan kembali note terendah kita dan dekatkan mulut kita pada mic, lalu lihat grafiknya berapa frekuensi dari note E yang kita capai. Sebagai panduan silahkan lihat tabel dibawah ini.

Frekuensi note setiap orang tentu saja berbeda-beda, maka jangan kaget jika frekuensi note E anda tdak sesuai dengan tabel diatas. Tetapi meskipun berbeda frekuensi dari note setiap orang TIDAK JAUH BERBEDA, contoh: note terendah saya adalah E2, pada tabel diatas E2 memiliki frekuensi 82,407 Hz tetapi pada grafik analive frekuensi note E2 saya 88,82 Hz, jadi jangan heran jika frekuensi note anda berbeda dengan tabel diatas, tabel diatas hanya sebagai panduan.

Dengan begitu kita mampu mengetahui secara pasti berapa vocal range kita dan note apakah yang terendah atau tertinggi yang mampu kita capai. Sebagai contoh saja nada terendah saya E2 dan nada tertinggi saya E7 (belum pasti) maka saya mampu bernyanyi dalam 5 oktaf (sama dengan Mariah Carey ^_^), kalau pun tidak saya berarti hanya mampu 4 oktaf lebih. Tetapi lebih mencengankan lagi bagi Gergia Brown, karena ketika ia mengeluarkan whistle registernya ia mampu menjangkau note G10 dengan frekuensi 25087 Hz padahal pendengaran manusia hanya mampu mendengar dari 20 Hz sampai 20000 Hz.


Posting kali ini cukup melelahkan saya karena cukup panjang, yang penting isinya HOMEMADE not REPOST. It's original from my hand. Semoga bermanfaat blogger ;)

7 comments:

  1. nada saya G#2-G7/F#7 tapu pernah mencapai nada A7-D#8 (maksa banget), saya membunyikan nada "si", saya bisa menggunakan tehnik Whistle, jadi say kurang lebih 5 oktaf,

    kita buat vidieo battle voice yuk....

    ReplyDelete
  2. nada saya G#2-G7/F#7 tapu pernah mencapai nada A7-D#8 (maksa banget), saya membunyikan nada "si", saya bisa menggunakan tehnik Whistle, jadi say kurang lebih 5 oktaf,

    kita buat vidieo battle voice yuk....

    ReplyDelete
  3. Hallo Zakwan. Selamat untuk anda yang bisa mencapai 5 oktaf. Sebenarnya karena satu dan lain hal, saya sudah kehilangan hampir satu oktaf dan saya tidak bisa melakukan whistle lagi sekarang. Jadi bisa dibilang, saat ini nada tertinggi saya hanya sampai head voice meski saya belum tau pada note apa. Saya akan posting beberapa teknik pernafasan di postingan berikutnya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Kalau gue sekarang vocal range nya A2-C7 serta bisa teknik whistle register,tapi pernah sekali nembak C#7 sekali walau ngotot banget xD heheeh

    ReplyDelete
  5. Sama kita gan, sekarang gw cumabisa B2-F#6/Bb6,itu pun agak maksa, yg gw enjoy E6..
    ya.. nurun nya faktor pubertas :3

    kalo nyebut huruf vocal "i" itu gw mampu sampai A#7 lebih..

    tapi whistle gw masih putus2, buatin tips dong biar whistle stabil dan ngga putus2...


    dan kira2 gw brapa oktaf ya ?

    ReplyDelete
  6. whistle register ane udah ilang

    ReplyDelete
  7. Gw baru bisa B0 (itu growl note ) - A5

    ReplyDelete

Give your comment